Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

legalitas bisnis ourcitrus

DREAM BUILDING - Blue Print

DREAM BUILDING - Blue Print


Impian adalah cetak biru (blue print) kehidupan.

Pernahkan anda melihat orang membangun rumah? Apa yang pertama kali dilakukan oleh developernya? Ya betul, membuat sketsa dan denahnya, inilah blue print-nya.

Jika sudah selesai urusan blue print, tahap selanjutnya adalah merancang apa saja bahan-bahan yang dibutuhkan, termasuk juga biayanya.

Sama saja dengan membangun impian, anda harus punya peta tentang dimana anda sekarang berada? Mau kemana? Dan tentunya sumber daya apa saja yang dibutuhkan untuk mewujudkan impian anda?

Kejelasan peta akan menjadikan proses membangun menjadi lebih mudah dan terarah. Pun jika ternyata di tengah jalan harus ada perubahan, dengan mempunyai blue print impian, kita akan mudah menyiasati perubahan.

Dalam dunia bisnispun dikenal istilah business model canvas (BMC), semacam blue print sebuah bisnis yang dimiliki oleh seseorang, sehingga saat terjadi perubahan sosial, ekonomi, politik, dll, ia akan mudah memodifikasi dan menyiasati bisnisnya untuk terus berjalan (pivot).

Tak ada orang yang gagal dalam mewujudkan impian, yang ada adalah orang yang tak punya peta sehingga tak tahu kemana harus berjalan (hidup sekenanya). Atau, ia tahu apa impiannya dan punya petanya, tapi tak punya kemauan untuk serius mewujudkannya.

Betapa pentingnya blue print, entah untuk aktifitas kecil-kecil harian, apalagi untuk urusan-urusan besar yang penting dalam kehidupan.

Bukankah sukses besar adalah tentang sekumpulan sukses-sukses kecil?

Sumber: Yuk Growing | Arum Sumpahlistyo Rahayu

Posting Komentar untuk "DREAM BUILDING - Blue Print"